Monitoring Tinggi Permukaan Air Berbasis IOT

echo 'toplah';

Monitoring tinggi permukaan air berbasis IOT merupakan sebuah inovasi untuk membantu memantau ketinggian air. Sistem ini dapat dikembangkan pada kebutuhan skala besar seperti untuk membantu banjir ataupun pada ketinggian sungai.

Dengan adanya alat ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan membantu untuk mengatasi permasalahan banjir. Monitoring dibuat dengan melibatkan perangkat keras dan perangkat lunak. Tentunya yang paling penting adalah tersedianya akses internet yang baik. Sehingga perangkat keras dapat mengirimkan hasil monitoring pada aplikasi smartphone ataupun website yang telah terkoneksi dengan alamat IP perangkat keras.

Kelebihan Monitoring Tinggi Permukaan Air Berbasis IOT

  1. Membantu memonitoring ketinggian air sejak dini.
  2. Memberikan kemudahan untuk menerima data ketinggian air melalui akses internet pada smartphone ataupun website.
  3. Dapat dikembangkan menjadi teknologi yang berfungsi luas, seperti mengukur curah hujan dan membantu industri ikan agar airnya tidak meluap.

Source Code Monitoring Tinggi Permukaan Air IOT

Untuk membuat source code monitoring tinggi permukaan air dibutuhkan mikrokontroler Arduino UNO, sensor dioda, dan juga modul ESP8622. Masing-masing komponen memiliki fungsi yang berbeda. Arduino UNO berguna untuk memberikan daya, perintah, dan algoritma untuk menggunakan sensor diode ataupun modul ESP8622. Sensor dioda berguna untuk mendeteksi ketinggian air. Sensor diode bekerja dengan cara mendeteksi intensitas cahaya. Modul ESP8622 berguna sebagai perangkat yang menghubungkan ke internet. Dengan adanya internet, maka EPS8622 akan mengirimkan informasi melalui cloud.

Perangakat lunak dibangun berbasis website. Agar tampilan website dinamis dan interaktif maka digunakan source code php dan mysql. Website dipilih karena akan lebih mudah untuk diakses baik melalui smartphone ataupun melalui perangkat lainnnya.

Fitur Pada Aplikasi Monitoring Permukaan Air

Aplikasi pada website didukung dengan fitur yang sederhana dan mudah untuk dipahami. Berikut ini fitur pada aplikasi website.

  1. Data Ketinggian

Fitur utama yang menampilkan ketinggian air secara kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah berupa ketinggian air pada satuan matematis tertentu. Sedangkan data kualitatif adalah berupa animasi ketinggian air.

  • Grafik

Fitur yang digunakan untuk membuat kompilasi data ketinggian pada rentang waktu tertentu. Source code mysql sangat dibutuhkan untuk fitur ini karena pengeloaan data dan penyimpanan data hanya dapat dilakukan dengan mysql.

  • Lokasi monitoring

Fitur untuk memilih lokasi monitoring yang diinginkan. Karena pada kasus tertentu penggunaan alat monitoring tidak hanya pada satu tempat namun juga diletakkan pada beberapa tempat. Semua data tersebut dapat diakses hanya dengan menggunakan satu alat website.

Spesifikasi Aplikasi Monitoring Permukaan Air

Monitoring tinggi permukaan air berbasis IOT dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman C pada software Arduino IDE dan juga bahasa pemrograman PHP untuk membangun website.

Kami Menerima jasa pembuatan website dan aplikasi dengan harga terjangkau mahasiswa wa ke kami 085369616300 ( menerima jasa pembuatan skripsi juga )

link download : bit.ly/3ey8R6F

Leave A Reply

Your email address will not be published.