source code aplikasi Monitoring Pasang Surut Air Laut Berbasis IOT

echo 'toplah';

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki banyak wilayah pesisir. Hal ini tentu menguntungkan dari segi sumber daya alam yang disediakan. Namun diwilayah pesisir seringkali terjadi peristiwa pasang surut ait laut yang besar sehingga membahayakan penduduk setempat.

Agar peristiwa pasang surut air laut pada dipantau kondisinya. Maka dibangunlah monitoring pasang surut air laut berbasis IOT yang dapat membantu memberikan peringatan jika air laut besar dan berbahaya. Sistem ini didukung dengan monitoring melalui aplikasi smartphone.

Cara Kerja Alat Monitoring Pasang Surut Air Laut

Untuk dapat mendeteksi pasang surut air laut digunakan komponen elektronika yang dapat mengambil data yang dibutuhkan. Data yang diterima oleh komponen elektronika akan dikirimkan pada cloud/awan internet sehingga dapat dilihat melalui website. Proses untuk pengiriman dan penerimaan data pada aplikasi berdasarkan apda alamat IP yang diinput. Anda dapat menggunakan komponen ESP8622 sebagai modul wifi.

Source Code Pada Alat Monitoring Pasang Surut Air Laut

Komponen elektronika yang dapat digunakan diantaranya adalah arduino, wifi modul ESP8266, sensor ultrasonik, dan modul SD card. Arduino berfungsi sebagai mikrokontroler perangkat keras. Wifi modul ESP8266 berfungsi sebagai pengirim data pada cloud/awan interner sehingga dapat diakses pada smartphone. Sensor ultrasonik berperan sebagai sensor yang mendeteksi nilai pasang surut air laut. Modul SD card berfungsi sebagai media penyimpanan.

Sedangkan aplikasi smartphone dibangun dengan menggunakan source code java dan myadmin. Bahasa pemrograman java digunakan untuk membangun aplikasi. Sedangkan database myadmin berfungsi sebaga pengelola dan penyimpanan data yang dibutuhkan aplikasi.

Fitur Pada Aplikasi Internet Of Thing (IOT)

Aplikasi pada smartphone untuk mendeteksi pasang surut air laut dilengkapi dengan menu yang sederhana dan mudah untuk dipahami.

  1. Data Air Laut

Fitur utama yang menampilkan data hasil monitoring air laut. Data yang ditampilkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif akan menampilkan besaran angka dari kecepatan dan ketinggan air laut. Sedangkan data kualitatif berupa infromasi tingkat bahaya pasang surut air laut.

  • Fitur Grafik

Fitur yang menampilkan ketinggian air laut dalam interval waktu tertentu. Grafik dibuat dengan menggunakan sumbu xy dimana perubahan ketinggian air laut terhadap waktu.

  • Fitur Simpan

Fitur yang digunakan untuk menyimpan data ketinggian dari air laut. Walaupun data telah tersimpan secara otomatis pada database myadmin. Namun anda tetap dapat mengakses data ketinggian air laut ditanggal berapapun dan menyimpannya dalam format Microsoft excel.

Spesfikasi Sistem Monitoring IOT

Sistem monitoring pasang surut air laut berbasis IOT dibangun dengan menggunakan komputer yang mendukung bahasa pemrograman C++. Anda dapat menggunakan komputer dengan versi windows minimun 7.

Kami Menerima jasa pembuatan website dan aplikasi dengan harga terjangkau mahasiswa wa ke kami 085369616300 ( menerima jasa pembuatan skripsi juga )

link download : bit.ly/3ey8R6F

Leave A Reply

Your email address will not be published.