Source Code Sistem Informasi Akademik Kampus Berbasis Web PHP

Belajar membuat sistem informasi akademik akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola data. Pada web sistem informasi akademik kampus, setiap orang bisa mengelola data berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Tentunya, data yang dapat diolah hanyalah kampus-kampus yang sudah terdaftar atau masuk datanya di Dikti. Jika masih belum terdapat di Dikti, maka data akan sulit terintegrasi dengan akurat.

Sistem informasi satu ini menggunakan basis web karena dinilai lebih cocok dan mampu mewadahi semua kebutuhan dengan baik. Fungsi dari web ini memang diutamakan untuk para mahasiswa agar lebih mudah dalam mengelola kegiataan perkuliahannya. Dengan begitu, semuanya menjadi lebih terorganisir dan sistematis.

Source Code Sistem Informasi Akademik Kampus

Umumnya, untuk pembuatan sistem informasi akademik, akan lebih bagus apabila menggunakan model website. Hal ini karena website terkesan lebih formal dan dapat terintegrasi dengan baik. Untuk itu, source code yang dibutuhkan adalah php dan mysql yang merupakan dua bahasa pemrograman paling umum untuk sebuah website.

Nantinya setiap perintah yang ingin dibuat bisa dicatat terlebih dahulu di software text editor seperti misalnya notead++.  Keberadaan software pencatatan akan secara tidak langsung memudahkan semua perintah terorganisir dengan baik untuk kemudian dipindahkan ke dalam source code.

Fitur Pada Sistem Informasi Akademik Kampus

Sebagai aplikasi sistem informasi, maka tidak heran apabila di dalamnya memang berisi berbagai informasi yang diperlukan oleh para mahasiswa. Terdapat beberapa fitur yang masing-masing memiliki peran tersendiri. Berikut, beberapa fitur penting yang terdapat di dalam sistem informasi satu ini.

  • Multiple Hak Akses

Pertama-tama fitur didasarkan pada pengelola aplikasi yang mana dalam hal ini terdiri dari empat komponen, yakni admin, jurusan, keuangan, dan dosen. Keempat komponen tersebut memiliki kewenangannya tersendiri dalam mengelola web.

  • Data Master

Data master berisi semua data yang berhubungan dengan kampus, seperti misalnya gedung, ruangan, konsentrasi, prodi, tahun angkatan, dan sejenisnya. Nantinya, kamu juga bisa memasukkan data-data umum lainnya apabila memang diperlukan.

  • Data Mahasiswa

Sesuai dengan namanya, pada fitur ini bisa ditelusuri semua data mahasiswa yang terdapat dalam kampus tersebut. Untuk lebih spesifik proses pencariannya juga bisa dikerucutkan berdasarkan fakultas, jurusan, dan juga prodi.

  • Data Dosen

Pada fitur ini, data umum dari setiap dosen bisa diketahui secara lengkap. Biasanya akan dicantumkan juga kontak dari dosen tersebut sehingga mahasiswa yang mencarinya akan lebih jelas.

  • Data Jadwal Kuliah

Tidak menutup kemungkinan masalah jadwal kuliah menjadi satu hal yang cukup membingungkan sehingga diperlukan patokan khusus sebagai pedoman. Keberadaan data jadwal kuliah akan membantu dalam mengingatkan semua jadwal yang dimiliki.

  • Data KRS dan KHS

KRS merupakan Kartu Rencana Studi yang memungkinkan setiap siswa mendapatkan informasi terkait rencana studi dalam satu semester. Sedangkan KHS adalah Kartu Hasil Studi yang berisi tentang laporan belajar setiap mahasiswa.

Spesifikasi Perangkat Lunak

Pada setiap pembangunan sistem informasi akademik kampus, tentu membutuhkan beberapa perangkat lunak untuk menyukseskannya. Berikut adalah beberapa perangkat lunak yang digunakan untuk web satu ini.

  • Intel Core i7
  • RAM 2 GB
  • Grapical HD Display

Terima jasa pembuatan website dan aplikasi dengan harga terjangkau wa ke kami 082377168756 ( menerima jasa pembuatan skripsi juga )Baca Juga :   Sistem Informasi Keuangan Saham Berbasis Website

link download : bit.ly/3ey8R6F

Leave A Reply

Your email address will not be published.